• Jelajahi

    Copyright © BekasiUpdate.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sat Linmas Desa Lambangsari Ikut Bimtek di Bogor

    bekasiupdate.id
    27 Desember 2023, 16:08 WIB Last Updated 2023-12-27T09:08:47Z

    BEKASIUPDATE.ID
    - Anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat-Linmas) Desa Lambangsari mengikuti Bimbingan Teknis Pelatihan dan Pembinaan di Situ Rawa Gede, Desa Sirna Jaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. 


    Diikuti oleh Sat Linmas Desa Lambangsari sebanyak 10 orang. Sedangkan pematerinya diisi oleh Bimaspol, Bhabinsa, dan PPS/PPK Lambangsari. 


    Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 22-24 Desember 2023 itu, dilaksanakan dalam rangka menghadapi agenda Pemilu 2024 mendatang. 


    Kaur Pemerintahan Desa Lambangsari, Yandi mengungkapkan, bahwa kegiatan Bimtek ini dilaksanakan demi meningkatkan kemampuan anggota Linmas, sekaligus untuk menjaga kekompakan dan mengingatkan kembali akan tugas-tugasnya. 


    Lebih jauh, dijelaskan Yandi, ada beberapa hal yang melandasi Pemdes Lambangsari menggelar Bimtek Linmas. "Pertama, dikarenakan adanya restrukturisasi sebab dua orang Linmas berhalangan tetap, sehingga ada pergantian personil," katanya. 


    Kedua, bahwa Bimtek ini merupakan instruksi Permendagri Nomor 11 Tahun 2023 tentang Sarana dan Prasarana Linmas, Keputusan Bupati (Kepbup) Bekasi Nomor 728 tahun 2023 tentang Perubahan atas Kepbup Nomor 140 tahun 2023 poin E nomor 8, di mana disebutkan bahwa Pembinaan Linmas menjelang Pemilu adalah merupakan Prioritas Kegiatan. 


    Dalam aturan tersebut, menurut Yandi, dijelaskan pula mengenai perubahan model baju seragam anggota Linmas. "Sehingga, dalam Bimtek kali ini, kami juga memperkenalkan seragam Linmas yang baru. Jadi kalau sebelumnya berwarna hijau, sekarang menjadi abu-abu," imbuhnya. 


    Diwawancarai usai memberikan materi, Bhabinsa Desa Lambangsari Serma Agus Riyanto menjelaskan materi apa saja yang diterima oleh para peserta. 


    "Pertama, yakni dismpaikan mengenai Samapta. Kemudian, ada Pelatihan Baris-berbaris atau PBB, soal Kepemiluan, Olahraga, kondisi lingkungan kerja, dan kedisiplinan," paparnya. 


    Pada dasarnya, kata dia, Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Linmas, khususnya untuk menunjang pelaksanaan Pemilu. 


    "Tugas Linmas ini cukup berat terkait pengamanan Pemilu; apa saja yang mesti mereka lakukan, kemana harus berkoordinasi, dan sebagainya," terang Serma Agus Riyanto. 


    Bimaspol Desa Lambangsari Aiptu Subarkah menilai Bimtek Linmas sangat bermanfaat. Oleh sebab itu, dirinya mengapresiasi inisiasi yang dilakukan Pemdes Lambangsari dengan mengadakan Bimtek Linmas. 


    Ia berharap, para Linmas dapat lebih mengerti tugas dan tanggungjawabnya, terutama saat pelaksanaan Pemilu. "Mudah-mudahan, setelah Bimtek ini para anggota Linmas menjadi lebih paham mengenai tugas dan fungsinya. Dan, semoga kinerjanya kedepan akan meningkat," pungkasnya. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini