• Jelajahi

    Copyright © BekasiUpdate.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Bawaslu Kota Bekasi Petakan Ada Empat Kerawanan Pemilu

    bekasiupdate.id
    12 Agustus 2024, 16:57 WIB Last Updated 2024-08-12T11:00:02Z



    BekasiUpdate.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi, menggelar Launching Pemetaan Kerawanan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Hotel Horison, Senin (12/8).


    Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Bekasi, Choirunnisa Marzoeki, menyatakan bahwa Kota Bekasi memiliki empat dimensi kerawanan dalam penyelenggaraan Pemilu.


    "Ada empat dimensi kerawanan, yang pertama tentang pelaksanaan pemungutan suara, yang kedua tahapan kampanye, yang ketiga ajudikasi karena setiap pemilu Kota Bekasi selalu ada gugatan di MK, dan yang terakhir adalah netralitas ASN dan otoritas penyelenggara," paparnya.


    Berdasarkan pengalaman Pemilu sebelumnya, Kota Bekasi kerap mengalami proses pemungutan suara lanjutan bahkan perhitungan suara ulang.


    "Contoh di 2011 itu juga ada penghitungan suara ulang, kemudian banyak kekurangan logistik yang akhirnya memang pelaksanaan penghitungan suara lanjutan," tukas Choirunnisa.


    Ia memaparkan, peta kerawanan sangat penting untuk antisipasi dan mempersiapkan pencegahan sejak dini, untuk itu banyak faktor yang harus digelar.


    "Pemilu yang berkualitas itu yang pertama penyegaran pemilunya harus profesional dan independen, kemudian ASN itu tidak boleh terlibat dalam partai politik, lalu peserta wajib taat pada regulasi dan tidak bermain curang," tegas Choirunnisa.


    Terpantau, acara tersebut turut dihadiri oleh berbagai stakeholder, termasuk Kepala Badan Kesbangpol Kota Bekasi Nesan Sujana, Dandim 0507/Bekasi Kolonel Arm. Rico Ricardo Sirait, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Dani Hamdani, Ketua KPUD Kota Bekasi Ali Syifa dan sejumlah tamu lainnya. 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini